8 Manfaat Daun Bidara

Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu diberikan limpahan rahmat dan karunia oleh Allah SWT. Amin

Tumbuhan yang bernama latin “Ziziphus Mauritiana” ini lebih dikenal dengan sebutan Bidara. Jenis tanaman ini berukuran kecil namun lebat dan memiliki daun yang berbentuk bulat. Hampir sebagian orang sudah mengenal khasiat daun bidara ini dan tak heran banyak ditemukan dibeberapa halaman rumah orang.

Namun hal yang paling dikenal tentang tumbuhan jenis ini adalah Daun nya. Daun Bidara. Dipercaya mampu mengusir pengaruh sihir dan Jin. Imam Al Qurtubi menyebutkan bahwa hendaknya diambil 7 helai daun bidara, kemudian tumbuk halus dan dicampurkan dengan air. Setelahnya bacakan ayat kursi dan diberikan minum ke pada orang yang terkena sihir sebanyak 3x teguk, sedangkan sisanya digunakan untuk mandi. Insyaallah akan hilang dampak dari ilmu sihirnya dan diutamakan untuk membaca ayat Al-Falaq, Annas serta Ayat Kursi (Tafsir Ibnu Katsir).

 


Nah, pada postingan kali ini, kita akan membahas manfaat lain yang diberikan oleh daun bidara untuk diri kita.

Mengatasi Masalah Tidur

Dengan kandungan saponin yang terdapat pada daun bidara ini akan memberikan efek yang menenangkan. Dipercaya dengan mengkonsumsi daun bidara yang bisa dijadikan teh tersebut mampu menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur kita.

 

Mampu Mengatasi Masalah Jerawat

Dengan antiinfalmasi yang terdapat pada daun bidara ini, mampu mengatasi masalah jerawat yang ada pada wajah anda. Bisa dilakukan dengan cara ambir beberapa lembar daun bidara, lalu cuci bersih dan tumbuk halus. Kemudian tambahkan lemon.

Jika sudah, olehkan cairan tadi ke area wajah anda yang memiliki jerawat dan didiamkan hingga mengering. Setelah itu cuci bersih wajah anda dengan menggunakan air bersih.

 

Mengobati Diabetes

Dengan kemampuan untuk mengikat kadar gula yang berlebih didalam darah, tak heran daun bidara banyak dikenal orang sebagai obat herbal yang bisa mengobati penyakit diabetes.

 

Mengobati Flu

Dengan kandungan yang terdapat di dalam daun bidara tersebut yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan virus, menjadikan daun bidara sebagai salah satu metode pengobatan yang mampu mengobati atau meredakan flu.

Cukup dengan mengkonsumsi beberapa tetes saja dari minyak daun bidara dan diperbanyak minum air putih, maka akan memberikan dampak berupa meredanya gejala flu yang sedang dialami tersebut.

 

Menurunkan Kolestrol

Kandungan serat larut pada daun bidara ini mampu mengikat kolestrol jahat dan pada akhirnya dibuang bersama kotoran. Dengan kemampuan yang dimiliki daun tersebut, menjadikan daun bidara salah satu obat herbal yang mampu menurunkan tingkat kolestrol dalam darah.

 

Melancarkan Pencernaan

Dengan mengkonsumsi daun bidara diketahui mampu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta membantu dalam mengeluarkan toxid maupun racun yang ada dalam tubuh. Sehingga kita bisa terhindar dari masalah pencernaan.

 

Mengatasi Masalah Wasir

Diketahui mampu mengobati masalah wasir, daun bidara bisa dikonsumsi dengan cara dibersihkan dan ditumbuk halus kemudia di campurkan dengan air untuk di konsumsi. Atau juga bisa dilakukan dengan pengobatan secara external, ini dimaksud dengan cara menumbuk halus daun tersebut dan dibalurkan ke bagian anus yang keluar tersebut. Setelah mengering cuci bersih anus mu dengan air.

 

Luka Sembuh dengan Cepat

Dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi , daun bidara mampu membantu dalam mempercepat penyembuhan luka serta memastikan luka tersebut bebas dari infeksi. Selain itu juga dampak yang didapat adalah hilangnya bekas luka.

Belum ada Komentar untuk "8 Manfaat Daun Bidara"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel