Sejarah Yoga

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para pembaca semua. semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin

YOGA. Saat mendengar kata itu biasanya kita langsung berpikir ke Negara India. Namun apakah anda tahu sejarah Yiga sebenarnya?

 



Sejarah Yoga

Dikarenakan Yoga sifatnya adalah teks-teks suci dan bersifat ajaran yang dirahasiakan, sehingga sangat sulit mencari kepastian tentang sejarah Yoga. Tulisan awal tentang yoga dituliskan pada daun palem yang rapuh yang mudah rusak, bahkan bisa hancur atau hilang. Ada yang berpendapat bahwa Yoga sudah ada sejak 5.000 tahun yanglalu, namun beberapa peneliti mengatakan bahwa yoga mungkin sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu. Pada dasarnya Yoga bisa dibagi kedalam beberapa periode seperti periode seperti Yoga pra-klasik, klasik, pasca klasik dan modern.

 

Yoga Pra-Klasik

Awal mula Yoga dikembangkan oleh peradaban Indus-Sarasvati di India Utara lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Kata yoga pertama kali disebutkan dalam teks suci tertua, yaitu Rig Veda. Weda adalah kumpulan teks yang berisi lagu, mantra dan ritual untuk digunakan oleh Brahmana, pendeta Veda. Yoga perlahan-lahan disempurnakan dan dikembangkan oleh Brahmana dan Resi (peramal mistik) yang mendokumentasikan praktik dan keyakinan mereka pada upanishad, sebuah karya besar yang berisi lebih dari 200 kitab suci. Kitab suci Yogi yang paling terkenal adalah Bhagavad-Gîtâ, yang disusun sekitar 500 SM. Upanishad mengambil ide ritual pengorbanan dari Veda dan menginternalisasinya, mengajarkan pengorbanan ego melalui pengetahuan diri, tindakan (karma yoga) dan kebijaksanaan (jnana yoga).

 

Yoga Klasik

Pada tahap pra-klasik, yoga merupakan campuran dari berbagai ide, keyakinan dan teknik yang sering kali saling bertentangan dan saling berteegangan. Periode Klasik ditentukan oleh Yoga-Sutras Patanjali, presentasi yoga sistematis pertama. Ditulis beberapa waktu lalu di abad kedua, teks ini menjelaskan jalan RAJA YOGA, yang sering disebut "yoga klasik". Patanjali mengatur latihan yoga ke dalam "delapan jalan berlengan" yang berisi langkah-langkah dan tahapan untuk mencapai Samadhi atau pencerahan. Patanjali sering dianggap sebagai bapak yoga dan Yoga-Sutranya masih sangat memengaruhi sebagian besar gaya yoga modern.

 

Yoga Pasca-Klasik

Beberapa abad setelah masa Patanjali, para ahli yoga menciptakan sistem latihan yang dirancang untuk meremajakan tubuh dan memperpanjang usia. Mereka menolak ajaran Veda kuno dan lebih membentuk tubuh maupun fisik sebagai sarana untuk mencapai pencerahan. Mereka mengembangkan Yoga Tantra, dengan teknik radikal untuk membersihkan tubuh dan pikiran untuk memutuskan simpul yang mengikat kita pada keberadaan fisik kita. Penjelajahan hubungan fisik-spiritual dan praktik yang berpusat pada tubuh ini mengarah pada penciptaan apa yang terutama kita pikirkan tentang yoga.

 

Zaman Modern

Pada akhir 1800-an dan awal 1900-an, para master yoga mulai melakukan perjalanan ke Barat, tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan menarik perhatian bagi semua orang. Ini dimulai pada Parlemen Agama 1893 di Chicago, ketika Swami Vivekananda memukau para hadirin dengan ceramahnya tentang yoga dan universalitas agama-agama dunia. Pada 1920-an dan 30-an, Hatha Yoga dipromosikan dengan kuat di India dengan karya T. Krishnamacharya, Swami Sivananda dan yogi lainnya yang mempraktikkan Hatha Yoga. Krishnamacharya membuka sekolah Hatha Yoga pertama di Mysore pada tahun 1924 dan pada tahun 1936 Sivananda mendirikan Divine Life Society di tepi Sungai Gangga yang suci. Krishnamacharya menghasilkan tiga siswa yang akan melanjutkan warisannya dan meningkatkan popularitas Hatha Yoga.

 

Dengan masuknya yoga ke dunia Barat bisa dikatakan Yoga sudah mulai dikenal oleh maasyarakat dibenua tersebut hingga akhirnya Indra Devi membuka studio yoga di Hollywood pada tahun 1947. Sejak saat itu, banyak guru Barat dan India yang menjadi pelopor, mempopulerkan yoga hatha dan mendapatkan jutaan pengikut. Hatha Yoga sekarang memiliki banyak aliran atau gaya yang berbeda.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Yoga"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel