Resep Kue Tambang – Melayu

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam semuanya. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Amin

Saat itu sekitar tahun 1995, salah satu orang tua dari teman saya sering membuat kue dirumahnya. Salah satu kue yang paling sering dibuat nya adalah Kue Tambang atau Kue Pintal. Hampir setiap hari saat saya berkunjung kerumahnya apakah itu hanya bermain atau mengaji, pasti ada adonan Kue Tambang yang sedang dibuat dirumahnya.

Saat itu ada 2 model yang dibuat oleh Ibunya. Dengan campuran gula dan tanpa campuran gula (original). Hingga saat saya menuliskan kebali postingan kali ini, saya masih ingat benar akan bentuk, aroma dan rasa dari kue Tambang tersebut. Saya dan teman-teman sering di berikan secara Cuma-Cuma saat itu.

Kue yang dibuat oleh orang tua teman saya tersebut merupakan kue yang akan dijual di Kantin sekolah maupun warung-warung sekitar. Salah satu hal yang paling saya sukai dari kue tersebut adalah jika menemukan yang sedikit keras. Saat di gigit kita akan merasakan sensasi patahnya si Kue Tambang tersebut. Namun ada juga yang saat digigit langsung rapuh.


 

Selain mudah di temukan di kantin-kantin sekolah dan warung-warung saat itu, Kue Tambang ini juga paling sering dijumpai saat Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Hampir di sebagian besar rumah warga pada saat Hari raya akan menyediakan Kue yang satu ini. Namun saat ini sudah jarang ditemukan baik di kantin maupun diwarung-warung, tapi jika dicari lebih lanjut ternyata sudah banyak diperjual belikan secara online dengan harga yang bersahabat.

 

Mungkin beberapa dari teman-teman sudah pernah sebelumnya melihat atau bahkan merasakan kelezatan dari Kue Tambang tersebut. Nah bagi teman-teman yang ingin mengetahui resep maupun cara pembuatan Kue Tambang tersebut, melalui postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat Kue Tambang khas Kepulauan Riau tersebut.

 

Bahan

  1. Tepung gandung 250 gr
  2. Gula pasir 100gr
  3. Mentega 50gr
  4. Telur ayam 2 butir
  5. Soda kuih ½ sendok teh
  6. Garam1/4 sendok teh
  7. Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat

  1. Campurkan 250 gr tepung terigu. 100gr gula pasir, ¼ sendok teh garam dan ½ sendok teh soda kue. Lalu aduk hingga adonan rata.
  2. Masukkan 50gr mentega dan 2 butir telor ayam kedalam adonan tadi. Kemudian aduk kembali hingga rata dan kalis. Diamkan adonan tersebut sekitar 15 menit hingga mengembang.
  3. Kemudiaan ambil sedikit adonan dan buat bentuk memanjang. Setelah itu lipan menjadi dua dan di pintal-pintal sehingga mirip seperti tali tambang. Lakukan hal yang sama terhadap semua adonan yang ada.
  4. Kemudian goreng didalam wajan yang sduah diisikan dengan minyak panas. Masak hingga warna kue berwarna kuning keemasan.
  5. Selesai.

 


Nah mudah kan, silahkan dicoba dan dishare untuk resep Kue Tambang khas Kepulauan Riau diatas. Semoga bisa bermanfaat dan berhasil. Amin

Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Tambang – Melayu"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel