Pulau Marieta

Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberkasi dan diberikan rejeki yang melimpah oleh Allah SWT. Amin

Tepatnya di Negara bagian Amerika yaitu Mexico terdapat sebuah kepulauan di teluk banderas yang memiliki pantai yang sangat indah. Pulau tersebut bernama Marieta. Pada tahun 1900-an pulau ini pernah dijadikan tempat latihan para militer Mexico. Mereka kerap melakukan latihan militer namun tidak pernah tahu bahwa dimasa depan pulau tersebut menjadi incaran para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan dari pantai di pulau tersebut.




Letak pantai ini hanya beberapa mil dari ujung Punta Mita di kawasan pantai barat Mexico. Kemungkinan pulau tersebut diperkirakan terbentuk dari aktifitas vulkanik ribuan tahun yang lalu disamping itu pulau pulau yang ada di kawasan tersebut tidak pernah dihuni oleh manusia. Hanya satwa liar yang mendiami pulau tersebut.

Jika diperhatikan dari udara, pulau tersebut seperti kawah besar yang melingkar dan didalam kawah tersebut terdapat sebuah pantai yang tersembunyi yang bernama Playa Escondida atau lebih dikenal dengan nama Playa del Amor atau Pantai Pecinta.



Rute

Untuk mencapai pantai yang memiliki pasir putih dan air yang berwarna biru tersebut dibutuhkan usaha ekstra yaitu dengan melewati rute terowongan bawah air dengan cara berenang. Nah lumayan penuh usahakan seperti didalam film film dalam upaya mencari harta karun ditempat tersembunyi. Hehehe…




Seperti diketahui dengan datangnya wisatawan dari segala penjuru dunia pasti membawa sesuatu untuk dimakan dan digunakan. Nah timbullah masalah sampah yang menumpuk yang pada akhirnya membahayakan kelestarian terumbu karang dan mahluk hidup laut yang ada disana.

Sejak akhir tahun 1960-an sudah dilakukan upaya pelestarian lingkungan dipulau tersebut oleh Jacques Cousteau. Upaya yang dilakukannya tersebut disambut hangat pemerintah Mexico dan sekitar 40 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2005 pulau-pulau yang ada dikawasan Teluk Banderas tersebut dijadikan sebagai Taman Nasional yang bernama Parque Nacional Islas Marietas. Dan ditahun 2008 ditetapkan sebagai cagar alam atau Man and Biosphere dari UNESCO.

Namun sepertinya dengan semakin terkenal nya pulau tersebut apa lagi sudah banyak di unduh didunia maya terkait keindahan dan ragam pertualangan yang dilakukan demi mencapai spot tersebut menjadikan koloni karang dikawasan tersebut menjadi hal yang lagi-lagi diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan. Hal tersebut dikarenakan hingga bulan Mei 2016 hampir 2,500 orang wisatawan berkunjung ditiap harinya. Woow angka yang sangat-sangat besar bukan?

Sehingga diputuskanlah sebuah ketetapan untuk melakukan penutupan sementara terhadap Pantai tersebut oleh pejabat-pejabat diwilayah tersebut demi tujuan agar ekosistem pulau tersebut bisa kembali berkembang dan objek wisata tersebut bisa digunakan lagi untuk jangka panjang.

Saat itu hanya 117 orang saja yang diperbolehkan mengunjungi pulau tersebut setiap harinya dan dibuka hanya pada hari senin atau selasa saja. Beberapa peraturan mulai diterapkan bagi wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut seperti adanya larangan menggunakan sirip saat berenang, menyelam dan scuba juga ikut dilarang.

Jika anda ingin melakukan kunjungan ke pantai tersebut, sebaiknya melakukan pendaftaran satu atau dua hari sebelumnya ke beberapa operator yang bertugas dalam penyediaan tour ke pantai tersebut. Disamping itu tour yang dilakukan juga dibatasi waktu dalam arti kata tidak diijinkan terlalu lama dipantai tersebut.

Jika anda berangkat dari Puerto Vallarta, Nuevo Vallarta, Punta de Mita, dan Sayulita, perjalanan yang akan anda tempuh kemungkinan sekitar satu jam. Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan lumba-lumba, ikan paus dan birunya air laut yang ada di kawasan tersebut. Selanjutnya jika sudah sampai, maka semua para wisatawan akan di berikan helm dan pelampung yang wajib digunakan untuk memasuki kawasan pantai tersembunyi tersebut dengan cara berenang dan melewati terowongan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jika kita ingin masuk ke terowongan tersebut, pastikan kondisi air sedang dalam keadaan surut agar ada jarak antara permukaan air terhadap batas bawah batu terowongan.

Belum ada Komentar untuk "Pulau Marieta"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel