10 Penyebab Sakit Pinggang Belakang dan Cara Mengatasinya

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Amin

Sakit Pinggang. Bisa dibilang hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit pinggang. Sensasi yang dirasakan sungguh membuat si penderita tidak nyaman. Posisi duduk, berjalan dan tidur juga harus di perhatikan dan jika ingin melakukan perubahan posisi harus dangat berhati-hati.

Sakit pinggang tidak mengenal usia, semua usia bisa terkena yang namanya sakit pinggang belakang. Apakah itu karna kebiasaan atau aktifitas yang baru saja dilakukan. Namun, tahukan anda penyebab-penyebab apa saja yang membuat kita bisa mendapatkan sakit pinggang ?

 


Nah berikut adalah 10 penyebab sakit pinggang yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Posisi Duduk yang Membungkuk

Posisi duduk yang membungkuk salah satu penyebab terjadinya sakit pinggang. Pada saat membungkuk, maka akan terjadi tekanan yang besar pada pinggang bagian bawah. Oleh karena itu sebaiknya lakukan peregangan pada tubuh anda dengan cara menggerak-gerakkan anggota tubuh per 30 menit sekali agar tubuh anda kembali releks.

Namun jika memang tidak kunjung hilang atau bahkan sampai menyebabkan menggangu aktifitas anda, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

 

2. Duduk Dalam Waktu yang Lama

Selanjutnya jangan pernah berpikir dengan kita duduk maka akan menjadikan sakit piggang kita mereda bahkan hilang. Ternyata dengan kita melakukan kegiatan duduk yang terlalu lama juga merupakan faktor pendukung terjadinya sakit pinggang belakang. Pada dasarnya dengan duduk, maka otot punggung, leher dan tulang belakang anda akan menerikan gaya tekan. Sehingga pada akhirnya akan menjadikan anda mengalami sakit pinggang.

Sebaiknya jika anda ingin duduk, maka pastikan posisi duduk anda dalam keadaan benar. Seperti pastikan badan anda tidak membungkuk dan atur ketinggian agar kaki anda bisa menapak rata terhadap lantai. Meskipun demikian, pastikan selalu untuk melakukan pergangan tiap 30 menit sekali agar tubuh anda menjadi releks lagi.

 

3. Merokok

Kebiasaan merokok dapat disebut sebagai hal yang bisa menyebabkan sakit pinggang belakang. Dengan masuknya asap rokok ketubuh kita, maka aliran darah akan terkekang termasuk ke bagian pada tulang belakang anda. Bahkan jika disertai dengan adanya batuk, maka kemungkinan sakit pinggang akan mudha sekali terjadi. Jika itu sudah terjadi, sensasi yang anda akan rasakan jika saat anda batuk, maka akan langsung merasakan nyerinya pinggang saat batuk terjadi.

Banyak orang yang mengalami hal tersebut lebih memilih agar batuknya tidak terlalu kuat agar nyeri atau sakit pinggang yang dialami juga tidak semakin sakit saat batuk terjadi.

 

4. Kasur yang Terlalu Keras atau Lembut

Penggunaan kasur sebagai media saat kita tidur juga sangat berpengaruh dalam terbentuknya sakit pinggang. Sebagai contoh jika menggunakan kasur yang terlalu keras biasanya kita akan merasakan ketidaknyamanan saat bangun dipagi hari. Apakah itu di leher, pergelangan tangan atau bahkan pinggang. Sebaiknya gunakan kasur yang sesuai atau ideal dengan berat badan kita atau total beban yang akan diterima oleh kasur tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan jika anda mengalami sakit pinggang adalah pada saat tidur berikan bantal pada bagian pinggang belakang anda. Hal itu bertujuan untuk menekan pinggul dan pinggang bagian belakang anda sehingga bisa meminimalisir sakit pinggang yang anda alami.

 

5. Pilihan Makanan yang Salah

Pemilihan jenis makanan yang tepat dapat membantu anda dalam mencegah terjadinya sakit pinggang. Makanan yang baik akan memberikan nutrisi pada tubuh anda sehingga tubuh anda akan menjadi kuat. Alih-alih mendapatkan nutrisi, jika salah dalam melakukan pemilihan makanan yang akan dikonsumsi maka akan berakibat pada peradangan pada diri anda.

Tubuh membutuhkan protein tanpa lemak juga sayuran, buah. Lemak sehat dan biji-bijian. Hal tersebut akan membentuk jaringan lunak, tulang dan otot pada pinggang anda. Selain itu juga pastikan anda memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti Forsfor, kalsium dan Vitamin D.

 

6. Volume Makan

Dampak negatif salah satu yang didapat dengan makan yang terlalu berlebihan pada tubuh adalah dapat menyebabkan meregangnya tulang dan otot di bagian pinggang belakang Anda. Selain itu juga hal tersebut sangat tidak sehat. Biasanya setelah selesai makan, maka rasa malas akan timbul. Jika hal itu dilakukan berulang-ulang, maka tak hanya sakit pinggang, namun banyak penyakit lain juga yang akan menghampiri tubuh anda sekedar untuk berkenalan atau bahkan ikut tumbuh didalam tubuh anda.

 

7. Kebiasaan Membawa Beban yang Berlebihan di Pundak

Kenyataannya, beban yang anda pikul dapat meregangkan pinggang dan memlemaskan otot yang sebenarnya anda butuhkan dalam memikul beban tresebut. Biasakan untuk membawa maksimum 20% beban dari total berat badan anda. Sehingga dengan demikian anda dapat menjaga kondisi dari pinggang anda sendiri. Selain itu juga, jika anda menggunakan tas atau semacam carrier saat mendaki gunung, maka sebaiknya anda pastikan bahwa tas tersebut memiliki tali bahu yang empuk, lebar dan nyaman untuk anda gunakan. meringankan bobot tas.

 

8. Kebiasaan yang Salah

Mungkin saat ini sedang populernya olah raga bersepeda. Namun anda perlu tahu bahwa salah satu kemungkinan penyakit yang terjadi adalah dengan bersepeda. Itu bisa terjadi jika secara terus menerus dan tiap harinya anda bersepeda dengan posisi membungkuk seperti pada beberapa atlet sepeda.

Namun jangan berpikiran kenapa mereka tetap baik, itu dikarenakan mereka tidak melakukan secara terus menerus tiap hari dan mereka memiliki serangkaian program latihan lainnya juga untuk menjaga kondisi fisik dari mereka sendiri.

 

9. Kurang Minum Air putih

Banyak yang berpendapat bahwa dengan kurangnya asupan air pada tubuh maka pada akhirnya akan berdampak pada sakit pinggang. Apa lagi jika di tambah dengan aktifitas duduk yang lama juga. Sehingga banyak para supir yang menempatkan botol air minum nya tepat didekat kursinya. Karena mereka tidak ingin merusak ginjal dan mengalami sakit pinggang. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar terhindar dari penyakit ginjal dan sakit pinggang.

 

10. Jarang Olahraga

Urutan terakhir penyebab sakit pinggang adalah jarangnya berolahraga. Siapapun tahu bahwa dengan berolahraga maka akan membuat tubuh sehat dan segar. Pemilihan olah raga yang tepat juga sangat berpengaruh demi menjadikan tulang pinggang anda menjadi kuat dan sehat.

Anda bisa berkonsultasi kepada instruktur olahraga atau Gym ditempat anda, jenis olah raga atau alat apa yang sebaiknya anda gunakan untuk berolah raga dengan tujuan menguatkan pinggang anda. Lakukan olah raga sesuai porisnya dan tidak berlebihan agar mendapatkan tubuh yang sehat.

Belum ada Komentar untuk "10 Penyebab Sakit Pinggang Belakang dan Cara Mengatasinya"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel