Penyebab Kaki Kesemutan

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para pembaca blog semua. Semoga kita selalu diberikan kelancaran dalam menari rejeki oleh nya. Amin

Kesemutan di kaki adalah masalah yang umum. Banyak orang mengalami sensasi “pin and needles” di kaki mereka pada titik tertentu. Seringkali kaki juga terasa mati rasa dan nyeri.

Ini hal biasa dan bukan alasan untuk di khawatirkan. Ini mungkin disebabkan oleh tekanan pada saraf ketika Anda berada di satu posisi terlalu lama. Rasa itu akan datang jika anda mulai bergerak.

Namun, kesemutan pada kaki mungkin persisten. Jika perasaan “pin and needles” berlanjut untuk jangka waktu yang lama atau disertai dengan rasa sakit, Anda harus mengunjungi dokter untuk memeriksa dan mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi dan mereka juga dapat membantu Anda dalam menentukan penyebabnya.

 

source : health.detik.com


Kemungkinan penyebab

Neuropati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyebab paling umum untuk kesemutan di kaki. Neuropati diabetes adalah akibat kerusakan saraf yang disebabkan oleh gula darah tinggi.

Gejala diabetes meliputi:

sering buang air kecil

haus ekstrim

mulut kering

kulit yang gatal

nafas berbau buah

rasa sakit atau mati rasa di tangan dan kaki

kelaparan meningkat

penurunan berat badan yang tak terduga

penyembuhan luka atau luka yang lambat

infeksi jamur

mengantuk atau lesu

perubahan visi atau gaya hidup

mual dan muntah

Dokter Anda akan menganalisa dari riwayat medis anda, menyelesaikan pemeriksaan fisik, dan menjalankan tes darah untuk menentukan apakah Anda memiliki diabetes atau jika diabetes Anda menyebabkan kaki anda menjadi kesemutan.

Diabetes dapat dikelola dengan perubahan gaya hidup dan beberapa obat, seperti insulin.

 

Kehamilan

Tidak jarang bagi orang yang mengalami kesemutan di kaki adalah orang yang sedang dalam masa kehamilan. Saat rahim tumbuh, ia dapat menekan saraf yang mengalir di kaki. Ini menyebabkan sensasi “pin and needles” atau seperti ditusuk tusuk jarum.

Anda mungkin bisa menghilangkan kesemutan dengan:

Istirahatkan kaki anda

Mengubah posisi

Memastikan Anda terhidrasi dengan baik

Jika kesemutan memburuk, tidak hilang, atau disertai dengan kelemahan atau pembengkakan, Anda harus mengunjungi dokter untuk memastikan tidak ada hal yang serius yang terjadi pada anda.

 

Kekurangan vitamin

Tidak mendapatkan cukup vitamin tertentu, terutama vitamin B, dapat menyebabkan kesemutan pada kaki. Kekurangan vitamin dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk atau kondisi tertentu.

Jika Anda kekurangan vitamin B-12, Anda mungkin memiliki beberapa gejala berikut:

kelelahan

sesak napas

pusing

kesemutan dan kedinginan di tangan dan kaki

sakit kepala

nyeri dada

masalah pencernaan

mual

hati membesar

Dokter Anda akan memeriksa riwayat medis anda beserta keluarga, menyelesaikan pemeriksaan fisik, dan mengambil darah untuk menentukan apakah Anda memiliki kekurangan vitamin.

Anda mungkin memerlukan suplemen vitamin atau perawatan lain, tergantung pada penyebab kadar vitamin rendah Anda.

 

Gagal ginjal

Gagal ginjal dapat menyebabkan kesemutan pada kaki. Gagal ginjal dapat memiliki banyak penyebab, tetapi yang paling umum adalah diabetes dan tekanan darah tinggi.

Gejala kesemutan kaki yang disebabkan oleh gagal ginjal meliputi:

rasa sakit, kesemutan, dan mati rasa di tungkai dan kaki

Kram dan otot berkedut

Sensasi "pin and needles"

kelemahan otot

Dokter mungkin akan melakukan sejumlah tes untuk menentukan apakah gagal ginjal adalah penyebab kaki kesemutan Anda. Tes tersebut dapat meliputi:

ujian neurologis

electromyography (EMG), yang mengukur aktivitas otot

tes kecepatan konduksi saraf

tes darah

Perawatan untuk gagal ginjal termasuk dialisis dan transplantasi ginjal.

 

Penyakit autoimun

Penyakit autoimun terjadi ketika tubuh menyerang dirinya sendiri. Sejumlah penyakit autoimun dapat menyebabkan kesemutan pada kaki. Beberapa kondisi ini meliputi:

lupus

Sindrom Sjogren

Sindrom Guillain-Barré

Penyakit celiac

rheumatoid arthritis (RA)

Untuk menentukan apakah kelainan autoimun menyebabkan kesemutan di kaki Anda, dokter Anda akan memeriksakan riwayat medis secara terperinci, menyelesaikan pemeriksaan fisik, dan kemungkinan melakukan sejumlah tes darah.

Perawatan untuk penyakit autoimun bervariasi. Mereka mungkin termasuk perubahan diet dan obat-obatan.

 

Infeksi

Sejumlah infeksi dapat menyebabkan radang pada saraf. Ini bisa menyebabkan kesemutan pada kaki. Infeksi ini meliputi:

Penyakit Lyme

herpes zoster

hepatitis B dan C

HIV

AIDS

kusta

Jika Anda merasa mungkin memiliki infeksi, Anda harus mengunjungi dokter Anda. Mereka akan mengambil riwayat medis, menyelesaikan pemeriksaan fisik, dan kemungkinan mengambil darah untuk menguji penyakit menular.

Perawatan akan bervariasi tergantung pada infeksi apa yang Anda miliki, tetapi kemungkinan akan mencakup pengobatan.

 

Penggunaan obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan kesemutan pada kaki sebagai efek samping. Obat yang paling umum yang menyebabkan ini adalah yang digunakan untuk melawan kanker (kemoterapi) dan yang digunakan untuk mengobati HIV dan AIDS. Yang lain termasuk obat untuk diobati:

kejang

kondisi jantung

tekanan darah tinggi

Jika Anda minum obat dan mengalami kesemutan di kaki Anda, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Mereka akan dapat menentukan apakah ini adalah efek samping dari obat Anda. Mereka juga akan memutuskan apakah dosis Anda perlu diubah.

 

Saraf terjepit

Jika Anda memiliki saraf terjepit di punggung Anda, itu bisa menyebabkan kesemutan di kaki Anda. Saraf terjepit mungkin karena cedera atau pembengkakan.

Anda mungkin juga mengalami:

rasa sakit

perubahan sensasi di kaki Anda

rentang gerak menurun

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan riwayat medis dan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah Anda memiliki saraf terjepit. Mereka juga dapat menyelesaikan EMG untuk melihat aktivitas otot, atau tes kecepatan konduksi saraf. Tes-tes lain mungkin termasuk MRI atau ultrasound.

Perawatan untuk saraf terjepit mungkin termasuk:

beristirahat

pengobatan

terapi fisik

mungkin operasi

 

Paparan toksin

Paparan bahan kimia dan racun tertentu dapat menyebabkan kesemutan pada kaki. Mereka juga dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa, lemah, dan kesulitan berjalan.

Beberapa racun yang dapat menyebabkan kesemutan pada kaki jika tertelan atau diserap melalui kulit adalah:

memimpin

arsenik

air raksa

talium

insektisida organik

alkohol

beberapa obat herbal

antibeku

lem

Sulit untuk mendiagnosis paparan toksin sebagai penyebab kesemutan pada kaki. Dokter akan memeriksa riwayat medis, termasuk perincian tentang pekerjaan Anda dan lingkungan rumah, program diet Anda, dan suplemen apa pun yang Anda konsumsi. Mereka juga dapat melakukan tes lain, termasuk tes darah.

Perawatan mungkin termasuk obat-obatan, langkah-langkah keamanan, dan mengubah paparan lingkungan Anda terhadap racun di tempat kerja atau di rumah.

 

Penyebab tidak dikenal

Terkadang orang mengalami kesemutan di kaki mereka dan tidak ada penyebab yang diketahui. Dokter menyebut ini "idiopatik."

Kondisi ini paling umum pada orang di atas 60 tahun. Anda mungkin mengalami gejala kesemutan, sakit, mati rasa, lemah, dan tidak stabil ketika berdiri atau berjalan.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan sejumlah tes untuk menemukan dan menghilangkan apa pun yang dapat menyebabkan gejala Anda.

Perawatan mungkin termasuk:

obat nyeri

langkah-langkah keamanan

sepatu khusus

Kapan harus ke dokter

Jika Anda mengalami kesemutan di kaki Anda yang tidak hilang, memburuk, disertai rasa sakit, atau membuat Anda tidak bisa berjalan dengan baik, sebaiknya Anda harus mengunjungi dokter. Anda mungkin berisiko jatuh jika Anda tidak dapat merasakan kaki dengan benar.

Jika Anda mengalami kesemutan di kaki Anda disertai dengan sakit kepala parah, kesemutan di wajah Anda, atau kelemahan tiba-tiba, Anda harus segera mendapatkan perhatian medis. Ini mungkin tanda-tanda stroke, yang bisa mengancam jiwa.

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejeki oleh Allah SWT. Amin

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kaki Kesemutan"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel