Penyebab Migrain

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan murah rejeki oleh Allah SWT. Amin
Saat lengan dan kaki Anda terasa geli lagi, Mata Anda mulai kabur dan Anda melihat bintik-bintik dan warna-warna berkedip, merasa mencium bau yang aneh dan akhirnya membuat anda pusing itu lah yang biasanya dialami oleh penderita migrain.

Anda mungkin tahu saat anda merasa pusing atau migrain, namun anda tidak mengetahui apa sebenarnya yang membuat kepala anda tiba tiba menjadi pusing.

Apa sebenarnya migrain itu? Migrain adalah kondisi dimana kita mengalami sakit kepala yang sangat menyakitkan yang disertai dengan mual atau muntah bahkan kepekaan terhadap cahaya dan suara.
Sakit kepala yang terjadi pada si penderita migrain biasanya berupa sakit kepala yang sangat hebat dan berdenyut denyut yang dapat berlangsung berjam-jam atau berhari-hari. Gejala tersebut bervariasi pada tiap orang, Namun beberapa gejala yang sama biasanya Anda seperti melihat bintik-bintik, penglihatan kabur atau mencium bau aneh, peka terhadap cahaya, merasa mual di perut dan bahkan muntah.

Mengapa Kita Bisa Terkena Migrain?


Dokter tidak sepenuhnya mengetahui apa yang menyebabkan sakit kepala migrain, tetapi beberapa dari mereka mengasumsikan bahwa ketidakseimbangan bahan kimia yang ada didalam otak maupun gen dari manusia sendiri merupakan penyebabnya.
Meskipun peneliti belum dapat menentukan penyebabnya, mereka tahu bahwa beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami migrain, antara lain:

1. Gen. Jika seseorang dalam keluarga Anda menderita sakit kepala migrain, Anda lebih mungkin mendapatkannya daripada seseorang tanpa riwayat dari keluarga.

2. Umur. Sakit kepala migrain dapat menyerang kapan saja sepanjang hidup, tetapi Anda lebih mungkin untuk mendapatkan serangan yang pertama di usia remaja. Sakit kepala cenderung memuncak pada usia 30-an dan menjadi lebih ringan di kemudian hari.

3. Jenis kelamin. Wanita sekitar tiga kali lebih mungkin mendapatkannya dari pada pria. Dengan demikian wanita lebih rentan terhadap migrain.

4. Sinyal saraf dan bahan kimia otak. Saraf trigeminal yang terletak di kepala yang bisa menggerakkan mata dan mulut juga membantu dalam merasakan sensasi sakitnya. Ketika tingkat serotonin Anda turun pada awal migrain, saraf ini dapat melepaskan bahan kimia yang disebut neurotransmitter yang berjalan ke otak dan menyebabkan rasa sakit.

5. Perubahan hormon. Pergeseran hormon estrogen dapat menyebabkan migrain pada wanita. Obat-obatan seperti pil KB atau terapi penggantian hormon juga dapat menyebabkan sakit kepala atau bahkan memperburuknya. Tetapi beberapa wanita memiliki migrain lebih sedikit ketika mereka mengkonsumsi obat ini.

6. Stres emosional. Ini adalah salah satu pemicu migrain yang paling umum. Itu karena ketika Anda stres, otak Anda seketika akan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan respons "lawan atau lari". Kegelisahan, kekhawatiran dan ketakutan dapat membuat lebih banyak ketegangan dan hasilnya membuat migrain bertambah buruk.

7. Makanan tertentu. Makanan asin, olahan dan keju tua seperti keju biru dikenal sebagai pemicu, aspartam pemanis buatan dan penambah rasa monosodium glutamat atau MSG dapat menyebabkan migrain juga.

8. Melewatkan makan. Jika Anda melewatkan makan, gula darah Anda bisa turun, itu salah satu pemicu migrain.

9. Alkohol dan kafein. Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala setelah minum segelas anggur? Minuman beralkohol dan minuman berkafein tinggi bisa menjadi pemicu migrain.

10. Sensorik berlebihan. Lampu terang, suara nyaring dan aroma yang kuat dapat menyebabkan sakit kepala untuk beberapa orang.

11. Perubahan pola tidur Anda. Jika Anda terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur, Kemungkinan besar anda mungkin akan mengalami migrain. Bepergian antar zona waktu dengan menggunakan pesawat terbang dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami Jet lag, nah ini juga bisa menjadi penyebabnya.

12. Ketegangan fisik. Latihan yang intens, seperti olahraga berat atau bahkan seks dapat menyebabkan migrain. Anda harus tetap aktif, namun ada baiknya melakukan dengan kecepatan yang stabil.

13. Perubahan cuaca. Ini pemicu besar. Begitu juga dengan perubahan tekanan udara secara keseluruhan. Biasanya jika anda seorang pekerja kantoran yang biasa terkena dengan paparan AC, suatu saat anda mendadak langsung turun ke lapangan dan melakukan sedikit pekerjaan fisik secara mendadak, kemungkinan besar migrain akan segera muncul. Pastikan jika ingin melakukan pekerjaan fisik dilapangan setelah dari kantor, lakukan secara perlahan-lahan.

14. Terlalu banyak obat. Jika Anda memiliki migrain dan mengkonsumsi obat lebih dari 10 hari dalam sebulan, maka itu dikategorikan sebagai sakit kepala rebound. Sedangkan analisa dokter biasanya akan menyebutnya karena obat sakit kepala yang terlalu sering dikonsumsi.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mencegah pemicu terjadinya migrain sama sekali, beberapa hal sederhana seperti tidur teratur, kualitas baik, diet sehat, olahraga dan manajemen stress yang baik dapat anda terapkan dalam pola hidup anda dengan tujuan meminimalisir penyebab migrain.

Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Migrain"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel