Mengobati dan Merawat Nyeri Bahu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para bloggers semua. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin
Nyeri Bahu. Ya, pasti baik pria maupun wanita pernah merasakan yang namanya nyeri bahu atau pundak. Dan pemijatan didaerah tersebut sangat sangat melegakan.



Namun apakah anda tahu penyebab dari nyeri bahu sendiri ?
Ini adalah masalah bersama dan menjadi masalah yang umum pula dan dapat mempengaruhi siapa saja. Nyeri bahu mungkin melibatkan tulang rawan, ligamen, otot, saraf atau tendon. Itu juga bisa termasuk tulang belikat, leher, lengan dan tangan.
Perawatan dini itu penting. Diperlukan waktu delapan minggu atau lebih untuk menyembuhkan nyeri bahu. Bahkan obat sakit bahu yang mungkin anda miliki di rumah juga pada dasarnya dapat membantu pemulihan nyeri bahu tersebut. Mengobati sakit bahu sering melibatkan peradangan yang menenangkan (pembengkakan dan kemerahan) dan otot menjadi kencang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat diri sendiri demi mengurangi rasa sakit pada bahu anda.

Obat anti inflamasi
Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) membantu meringankan rasa sakit dan menurunkan peradangan. Obat-obatan bebas lain termasuk aspirin, ibuprofen dan naproxen. Mengurangi peradangan penting dalam cedera rotator cuff, tendonitis dan arthritis dan cedera bahu lainnya.

Kompres dingin
Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan di bahu. Pendinginan juga membantu menghilangkan rasa sakit yang tajam. Kompres es hingga 20 menit pada bahu anda dan lakukan hingga lima kali sehari. Gunakan paket gel beku, es batu dalam kantong plastik atau kantong kacang polong beku. Lalu bungkus kembali dengan handuk lembut. Jangan menempatkan es secara langsung ke kulit.

Kompresi
Bungkus bahu dengan perban medis elastis untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Gunakan perban kompresi dingin atau perban ACE biasa. Anda juga bisa mendapatkannya di apotek. Bungkus dengan pas tetapi jangan kencang agar aliran darah tidak terganggu. Jika lengan atau tangan Anda mulai terasa mati rasa atau geli atau membiru, segera kendurkan perban kompresi.

Terapi panas
Panas membantu merilekskan otot-otot yang tegang dan menenangkan bahu yang kaku. Ini dapat membantu nyeri otot dan radang sendi di bahu. Gunakan paket gel yang dipanaskan, bantal pemanas atau botol air panas.

Relaksan otot
Relaksan otot dapat membantu mengobati rasa sakit jika Anda memiliki ketegangan otot atau kejang di sekitar sendi bahu. Relaksan otot yang umum seperti cyclobenzaprine, tizanidine dan baclofen. Namun untuk mendapatkannya anda akan memerlukan resep dari dokter. Ingatlah bahwa pelemas otot menyebabkan kantuk dan tidak boleh dikonsumsi jika Anda sedang mengemudi atau mengoperasikan mesin.

Obat nyeri
Obat-obatan seperti acetaminophen dan aspirin dapat membantu meringankan rasa sakit pada bahu. Ini dapat membantu Anda mengatasi cedera dan mendapatkan tidur yang lebih baik saat Anda pulih. Obat sakit dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut dan mulas. Bicaralah dengan dokter jika Anda memakainya lebih dari empat minggu.



Anda juga dapat mencoba gel dan krim penghilang rasa sakit topikal, yang tidak memiliki efek samping yang sama dengan obat nyeri pada mulut. Diklofenak adalah satu obat yang disetujui dalam dua bentuk oleh Administrasi Makanan dan Obat AS untuk pengobatan osteoartritis. Ini tersedia dalam bentuk gel natrium diklofenak 1 persen dan larutan natrium diklofenak 1,5 persen.

Istirahat dan ubah kebiasaan
Hentikan atau ubah kebiasaan aktifitas yang mungkin menyebabkan nyeri bahu. Penting untuk menggerakkan bahu dengan lembut. Ini membantu menjaga otot bahu kuat dan fleksibel.

Latihan dan peregangan bahu
Latihan dan peregangan yang teratur dapat membuat bahu Anda kuat dan fleksibel. Beberapa hal yang perlu diingat sebelum beraktivitas adalah hentikan olahraga apa pun jika Anda memiliki nyeri bahu yang parah karena berolahraga yang salah juga dapat menyebabkan atau memperburuk masalah bahu.
Pastikan pemanasan dilakukan sebelum memulai olahraga, bahkan sebelum melakukan peregangan dalam. Gerakan memutar pada bahu secara ringan, lembut atau bahkan coba untuk mandi dengan menggunakan air hangat yang juga merupakan cara untuk menghangatkan otot Anda sebelum berolahraga dan melakukan peregangan.
Adapun yang bisa dilakukan dalam olah raga ringan tersebut seperti :
1.  Berdiri dan tekuk pinggang.
2. Biarkan lengan Anda pada sisi yang nyeri menggantung lurus ke bawah.
3. Jaga agar leher Anda tetap rileks.
4. Gerakkan lengan Anda membentuk lingkaran hingga 20 kali.
5. Lakukan satu kali atau lebih dalam sehari.

Sedangkan untuk Peregangan bahu lainnya juga bisa dilakukan seperti :
1. Jalin jari-jari Anda di depan Anda.
2. Tekuk siku dan angkat lengan ke atas kepala. Anda juga bisa meletakkan tangan di atas kepala atau di belakangnya.
3. Tekan kedua bahu Anda dengan lembut untuk menggerakkan siku ke belakang.
4. Lanjutkan hingga 20 pengulangan. Ulangi 5 hingga 10 kali sehari.

Kapan harus ke dokter
Anda bisa menemui dokter jika anda merasakan hal hal dibawah ini seperti :
-      Sakit. terutama jika rasa sakit tidak membaik dengan istirahat dan obat-obatan
-      Sakit yang berulang. jika Anda mengalami nyeri bahu lebih dari satu kali
-      Kekakuan. jika Anda tidak bisa mengangkat dan memutar lengan secara normal
-      Kelemahan. jika bahu, lengan atau tangan Anda lebih lemah dari sisi yang tidak terluka
-     Bahu terpisah atau terkilir. jika Anda mengalami dislokasi atau jika terasa seperti bahu Anda mau lepas

Mencegah nyeri bahu
Langkah pertama adalah lakukan istirahat yang cukup agar memungkinkan tubuh Anda pulih dan pulih dari stres sehari-hari. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang juga dapat membuat tubuh Anda dipenuhi dengan nutrisi yang baik.
Jika Anda mengalami sakit dan nyeri, cobalah menghindari merokok. Merokok dapat mempengaruhi sirkulasi darah ke bahu dan tubuh. Ini bisa memperlambat pemulihan.
Cidera bahu dapat terjadi dengan gerakan berulang atau tiba-tiba. Itu bisa terjadi saat berolahraga, jatuh dan selama kegiatan sehari-hari seperti meraih sesuatu di rak atau berkebun.
Sedangkan jika Anda mengalami robekan rotator cuff yang cukup serius atau dislokasi pada bahu, mungkin operasi adalah jalan keluarnya. Dokter juga dapat merekomendasikan suntikan steroid jika cedera tak kunjung membaik atau jika rasa sakitnya parah. Ini membantu menurunkan peradangan.
Artroskopi bahu adalah jenis operasi lubang kunci (yang kecil). Seorang ahli bedah membuat lubang kecil lalu menggunakan kamera kecil untuk memeriksa dan membantu memperbaiki jaringan yang robek tadi.
Osteoartritis dapat menyebabkan nyeri bahu kronis. Spesialis ahli bedah sendi sering merekomendasikan suntikan steroid, operasi atau operasi penggantian sendi bahu khusus untuk kasus yang sangat serius.

Penyebab umum
Kondisi umum yang melibatkan nyeri bahu meliput i:
-          - Radang sendi
-          - Radang kandung lendir
-         -  Bahu beku
-         --  Ketegangan otot
-          - Cedera rotator cuff
-          - Tendinitis

Mendiagnosis nyeri bahu akan membantu Anda dan dokter dalam memilih jenis perawatan dan obat rumahan untuk anda. Obat-obat rumahan untuk pereda sakit bahu pada dasarnya dapat membantu dalam penyembuhan nyeri bahu. Dimana obat tersebut dapat menurunkan risiko cedera pada bahu lagi. Latihan di rumah yang sederhana dan dikombinasikan dengan obat-obatan serta bimbingan dokter dapat membantu memperkuat sendi bahu Anda dan sekaligus meringankan rasa sakit.
Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat buat kita semua.

Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Mengobati dan Merawat Nyeri Bahu"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel