Sponsor

Manfaat Olah Raga Bagi Otak

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan umur yang panjang dan selalu dalam lindunganNya. Amin
Semua orang mengetahui bahwa yang namanya olah raga itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh tidak terkecuali kesehatan otak kita. Dengan tubuh yang segar dan stamina yang mantap, maka sudah pasti akan berdampak pada daya pikir yang baik pula.

source : renewallodge.com

Kemampuan untuk menyaring keriuhan dan mempertahankan fokus mungkin menjadi salah satu manfaat utama dari olahraga.

Orang-orang yang bermain olahraga memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menghilangkan hiruk-pikuk atau kebisingan kehidupan dari pada orang-orang dari persuasi atau yang jarang berolahraga. Pada dasarnya biasanya yang sering berolahraga akan memiliki sistem saraf yang lebih tenang dan lebih sehat.
Para peneliti menguji teori ini dengan menghubungkan dua kelompok atlet dan non-atlet ke perangkat yang menyampaikan ucapan melalui earbud.
Mereka menganalisis aktivitas otak para peserta relatif terhadap tingkat kebisingan latar belakang untuk setiap ucapan yang di berikan.

Penelitian telah menunjukkan peningkatan kinerja kognitif dan akademik secara keseluruhan pada anak-anak yang bermain (olahraga atau kegiatan fisik lainnya) selama 3 hari atau lebih per minggu selama setidaknya 20 menit. Dengan olah raga secara rutin akan memupuk adanya suasana hati dan perasaan diri untuk meningkatkan cara bermain secara aktif dan berusaha untuk megembangkan keterampilan sosial dalam olahraga tim. "


Kondisi Otak
Salah satu hasil penting dari percobaan ini adalah menghilangkan perbedaan yang diterima dalam penyaringan kebisingan antara yang suka berolahraga dan yang jarang melakukan olah raga dalam memilih suara, seperti musisi dan orang-orang yang berbicara lebih dari satu bahasa.
Sementara semua proses mental kelompok ini mencapai hasil umum yang sama, otak atlet mengisolasi suara dengan menyaring statis, sementara otak musisi dan orang multibahasa berhasil dengan meningkatkan kemampuan pendengaran tentang alat-alat music yang digunakan dalam satu music yang di mainkan.

Saat bermain olahraga, atlet dihadapkan dengan banyak rangsangan dan informasi yang perlu diatur melalui matriks dalam satu waktu, yang mana akan memaksa otak mereka untuk memprioritaskan apa yang sedang diproses dan apa yang akan diproses dalam beberapa detik kedepan, dengan demikian akan meningkatkan kemampuan mereka untuk fokus. Pada akhirnya, olahraga membuat otak kita lebih plastis.
Masalah yang biasa ditemukan dalam jaringan saraf kita pada umumnya dapat menyebabkan kesulitan dengan perhatian, tetapi olahraga adalah pendukung yang kuat. Yang mana merupakan kemampuan otak untuk membentuk neuron baru, koneksi dan mengatur kembali jaringan sarafnya agar befungsi dengan baik.

"Siapa pun yang terlibat dalam aktivitas fisik perlu mewaspadai cedera cedera spesifik yang biasa terjadi dalam olahraga itu. Dr. Randall Wright, ahli saraf di Houston Methodist Hospital di Texas, mengatakan kepada Healthline. "Misalnya, basket dan sepak bola yang melibatkan latihan kardiovaskular, atlet dalam olahraga ini mengalami berbagai jenis cedera, jadi berhati-hati untuk melakukannya terutama dalam hal olahraga kontak fisik atau full body contac.
"Olahraga kontak dapat menyebabkan gegar otak, yang untuk sementara waktu berdampak negatif pada kondisi otak. Sehingga perlu adanya latihan dengan instruktur atau pelatih yang professional dalam menggeluti jenis olah raga agar menghindari kita dari jenis jenis cedera yang tidak diinginkan.

Jika Anda berhati-hati untuk tetap aman, manfaat olahraga jauh lebih besar daripada kekurangannya dalam hal menjaga tubuh dan pikiran Anda sehat dan kuat.

Para peneliti juga mencatat bahwa perbaikan dalam proses pendengaran ini dapat mengkompensasi cedera kepala sampai batas tertentu.
Karena cedera kepala dapat mengganggu proses pendengaran yang sama. Ini sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana peningkatan pemrosesan pendengaran dapat mengimbangi cedera.

1 Komentar untuk "Manfaat Olah Raga Bagi Otak"

Anonim mengatakan...

memang benar, sehabis olah raga dan setelah mandi terasa lebih fress dan bersemangat aja....nice blog

Iklan atas artikel

Sponsor

Sponsor

Iklan bawah artikel