Postingan Terbaru

Cara Mengajar Anak Berbahasa Inggris Dirumah

Sakit Siku Saat Menggunakan HP

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi para blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan. Amin
Nyaris tak terhindarkan bahwa pada suatu waktu dikarenakan kebiasaan yang kurang baik dalam menggunakan gadget, maka akan berakibat pada timbulnya rasa sakit diarea tertentu pada tubuh anda. Mengkin tahap penyembuhan bisa dalam beberapa hari, minggu atau buruknya hingga tahunan.

Apakah anda mengalami kesakitan pada siku saat posisi ditekuk dan dalam keadaan menggunakan gadget ?
Ada jutaan orang yang mengalami masalah ini.
Di dunia berteknologi maju seperti saat ini, penggunaan ponsel telah meningkat secara drastis. Orang-orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di ponsel mereka, memeriksa email, mengirim pesan teks, menonton video dan bermain game.
Penemuan ponsel telah membawa dunia menjadi lebih dekat. Tidak sulit bagi kita untuk berbicara dengan teman atau anggota keluarga yang tinggal di benua lain. Tapi ini masalahnya ...

Orang tidak menyadari bahwa menggunakan ponsel membutuhkan gerakan dan tindakan yang berulang-ulang. Gerakan ini dapat menyebabkan banyak masalah bagi tubuh Anda termasuk nyeri pada siku.

Source : candidchronicle.com

Siku yang kesemutan atau sakit dapat memiliki dampak besar pada kegiatan kita semua. Ini merupakan hasil dari banyak waktu yang kita habiskan menggunakan perangkat seluler. Kondisi ini sangat menyakitkan, dimana terasa seperti gerakan dibatasi karna jika siku dilipat sedikit lagi akan menimbulkan nyeri maupun akan mengganggu kita saat waktu tidur. Semua posisi akan terkesan salah.
Ketika Anda menekuk siku dalam posisi untuk waktu yang lama, itu menyebabkan saraf ulnaris meregang. Saraf ini menghubungkan siku Anda dengan jari kelingking dan jari manis. Akibatnya, ini dapat menyebabkan anda menderita sindrom yang dikenal sebagai terowongan cubiti. Sindrom tersebut akan membuat tangan Anda lemah, membuatnya sulit untuk menulis dan mengetik.
Beberapa tanda dari sindrom terowongan cubiti antara lain :
· Sakit di lengan dan jari
· Mati rasa
· Kesemutan
· Pin dan jarum

Menurut seorang ahli bedah ortopedi, semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menekuk lengan Anda, maka semakin banyak pula saraf ulnaris yang membentang. Ini di karenakan pasokan darah yang berkurang. Saraf Anda memang dirancang untuk diregangkan, Namun bukan berarti diregangkan dalam waktu yang lama adalah baik. Akibatnya siku Anda menjadi sakit karena memegang ponsel pintar yang terlalu lama.

The Cubital tunnel syndrome adalah kompresi saraf yang umum di ekstremitas atas. Ini terjadi ketika saraf ulnaris ditekan saat Anda menjaga siku Anda ditekuk untuk jangka waktu yang lama. Jadi, ketika Anda menahan tekuk siku Anda, maka yang terjadi adalah ketegangan akan semakin parah.
Penyebab lain dari nyeri siku adalah ketika saraf bergerak masuk dan keluar dari tempatnya di siku. Biasanya menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Ini terjadi dikarenakan adanya gesekan saraf yang berulang-ulang.
Anda akan merasakan siku sakit saat Anda bermain game atau duduk di posisi di mana ketegangan berada di siku Anda dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, jika Anda menahan otot dalam satu posisi untuk beberapa waktu, otot yang berlawanan akan diregangkan. Sehingga Ini akan menyebabkan ketidakseimbangan dari depan hingga ke bagian belakang siku.
Ada kemungkinan rasa sakit Anda akan meningkat saat Anda tidur di malam hari. Itu dikarenakan posisi tidur anda dengan tangan yang ditekuk alih-alih mau menghentikan peregangan saraf saat tidur malam.

Jika Anda menderita kasus sindrom terowongan cubiti yang ekstrem, mungkin operasi adalah jalan yang paling baik yang dapat ditempuh. Namun untuk mencegah hal tersebut terjadi ada baiknya jika anda dapat memberikan perubahan dalam kebiasaan sehari-hari agar menghindari sakit siku.

Ubah Posisi
Salah satu cara terbaik untuk mencegah rasa sakit pada siku adalah dengan mengubah posisi Anda.
Ketika Anda berbicara di telepon, disarankan untuk melakukan penukaran dalam memegang hp sesering mungkin, sehingga Anda tidak akan memiliki lengan dalam satu posisi untuk waktu yang lama. Mungkin Anda juga dapat mengalihkan ponsel Anda ke telinga yang lain setelah 10 menit jika Anda merasakan tekanan pada siku Anda.

Headset adalah Pilihan Bagus
Tip lainnya adalah menggunakan handsfree untuk melindungi siku Anda yang ditekuk dalam waktu yang lama saat menerima telephone. Anda harus menggunakan headset saat berbicara di telepon dari pada memegang hp secara langsung yang ditempatkan di telinga dengan siku ditekuk.
Ini adalah praktik yang baik bagi orang yang menghabiskan banyak waktu di telepon. Dengan bantuan hansfree tersebut diharapkan anda tidak perlu memegang telepon di dekat telinga lagi dengan posisi siku di tekuk.

Berjalan Saat Berbicara
Ketika siku Anda terasa sakit saat memegang telepon, yang harus anda lakukan adalah berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Ketegangan siku Anda adalah akibat dari ketidakaktifan atau postur yang buruk. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk terus bergerak. Dimana ini akan menjaga aliran darah tetap normal dan siku Anda tidak akan terasa sakit lagi.

Menerapkan Panas
Jika Anda mengalami rasa sakit di siku, Anda bisa menggunakan metode panas untuk menghilangkan rasa sakittersebut. Jika tidak ada peradangan, panas adalah cara yang baik untuk menghilangkan rasa sakit. Dimana menurut penelitian panas adalah cara yang baik untuk mencegah sakit siku selama tidak ada peradangan.
Ada beberapa tips menarik dan nyeleneh terkait pengobatan sakit siku :

NASI
Ketika siku Anda sakit karena memegang telepon, Anda dapat menggunakan teknik RICE untuk mengobatinya. BERAS adalah metode yang bagus untuk mengobati siku yang pegal meliputi:
· Istirahat - Anda harus memberikan istirahat pada bagian tubuh yang sakit
· Oleskan - Anda dapat menggunakan kompres es untuk mengurangi peradangan
· Kompresi – Semua support atau bantuan guna memberikan kenyamanan saat menggunakan HP sangat di butuhkan
· Tinggikan – Lakukan pengangkatan lengan pada bagia yang sakit di atas level jantung Anda. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan

Meregangkan Lengan Anda
Meregangkan lengan Anda bisa menjadi teknik yang bermanfaat untuk menghindari nyeri siku. Jika rasa sakitnya tidak kuat atau tajam, peregangan adalah hal yang mungkin anda butuhkan.
Peregangan yang dapat dilakukan adalah mengulurkan tangan Anda sementara telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian, lipat pergelangan tangan Anda di bawah tangan Anda dan tarik dengan lembut dengan menggunakan tangan yang lain. Anda dapat melakukan selama 30 detik dan pada akhirnya Anda akan merasakan ketegangan yang mereda.

Namun, jika kondisi yang Anda kembangkan adalah tendonitis, itu hanya akan memburuk jika Anda melakukan peregangan. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menentukan kondisi yang Anda miliki dengan berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan sesuatu yang akan memperburuk kondisi Anda.

Istirahat
Tip lain untuk menghindari rasa sakit pada siku adalah dengan mengambil jeda saat menggunakan perangkat seluler Anda. Dianjurkan untuk beristirahat setelah setiap 15 hingga 20 menit. Pada dasarnya ini akan membantu otot Anda untuk meluruskan kembali dan menghindari kontraksi otot yang dapat menyebabkan masalah yang lebih parah.

Punya Dukungan
Sangat penting bagi Anda untuk memiliki support/ holder ketika Anda menggunakan ponsel Anda. Apakah Anda duduk, berdiri atau berbaring, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki dukungan yang tepat untuk siku Anda.
Jika Anda duduk di meja, Anda harus memiliki sandaran tangan untuk menopang lengan Anda dan membuat ponsel Anda sejajar dengan mata.
Contohnya : Jika Anda duduk dengan punggung menempel di dinding, Anda dapat menggunakan lutut untuk menopang siku.
Pastikan untuk menghindari menggunakan telepon tanpa dukungan atau meletakkannya di pangkuan Anda pada saat digunakan.

Bantuan Chiropractor
Anda bisa mendapatkan bantuan profesional dari chiropractor. Mereka dapat membantu Anda dalam memanipulasi sendi pergelangan tangan Anda. Ini berguna untuk mengurangi kompresi dan meningkatkan gerakan pada lengan sehingga akan membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi lengan Anda. Selain itu, chiropractor dapat membantu Anda dengan terapi menggunakan teknik seperti Graston Technique.
Ini berfungsi untuk mengganggu jaringan parut yang akan mengurangi rasa sakit sehingga dapat meningkatkan kesehatan lengan Anda.

Namun jika Anda sering mengalami sakit siku, sebaiknya menghubungi dokter untuk menentukan apakah ada sesuatu yang serius atau tidak.


Salam hormat,
Penulis

0 Response to "Sakit Siku Saat Menggunakan HP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel