Manfaat Bawang Putih



Selamat berpuasa buat para blogger semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan limpahan rejeki oleh Nya. Amin
Kemarin malam penulis melihat salah satu chanel Youtube yang berisikan conten tentang Mukbang (makan yang dipertontonkan) oleh Youtuber asal Korea Selatan. Nah pada saat itu dia dan keluarganya melakukan Mukbang daging bakar. Namun yang menjadi pertanyaan penulis saat itu adalah salah satu dari mereka mengambil sebutir bawang putih yang sudah di bersihkan kulitnya lalu memasukkannya ke dalam daun beserta dagingnya kemudian langsung dimakan. Sementara terkadang dia mengambil 1 butir bawang putih dan langsung dimakan. Apa ya rasanya ???

Bawang Putih
Saat itu juga penulis mencari tau tentang manfaat apa yang tekadung dari bawang putih itu.
Bawang putih (Allium sativum), Pada umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan namun selain sebagai tambahan bumbu makanan bawang putih juga digunakan sebagai obat sejak dulu kala.
Bawang putih termasuk dalam keluarga genus Allium dan behubungan erat dengan bawang, rakkyo (bawang yang ditemukan di Asia), daun bawang, lokio dan bawang merah yang mana Ini telah digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu dan dizaman Mesir Kuno telah digunakan untuk keperluan kuliner serta kesehatan karna manfaat terapeutiknya.


Pada dasarnya rasa yang diberikan oleh bawang putih yang mentah saat dimakan adalah pedas dan tajam. Ini adalah senyawa sulfur organik allicin dalam bawang putih yang memberikan aroma yang menyengat dan membuatnya menjadi tambahan zat yang sehat dalam tubuh kita.

Adapun manfaat yang bisa diberikan bawang putih pada tubuh kita antara lain :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh. Reaksi yang muncul pada bawang putih yang ada didalam tubuh kita adalah untuk membunuh sel kanker begitu juga pada penelitian yang melibatkan beberapa orang juga menunjukkan hasil yang sama. Menurut Studi Kesehatan Wanita Iowa, yang melibatkan 41.000 wanita paruh baya, mereka yang secara rutin makan bawang putih, buah-buahan dan sayuran memiliki risiko kanker usus besar 35 persen lebih rendah.

2. Memberikan antiinflamasi pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minyak pada bawang putih bekerja sebagai antiinflamasi. Jadi, jika Anda memiliki sendi atau otot yang sakit dan meradang, gosokkan dengan minyak dari bawang putih tersebut.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Belum ada penelitian yang menunjukkan apakah bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu dapat berdampak positif pada arteri dan tekanan darah manusia.
Beberapa peneliti percaya bahwa sel darah merah akan mengubah belerang dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida yang dapat memperluas pembuluh darah kita, membuatnya lebih mudah dalam mengatur tekanan darah.

Sedangkan Komisi E Jerman, mirip dengan Food & Drug Administration AS, merekomendasikan mengkonsumsi 4 gram bawang putih setiap hari (seukuran satu cengkeh besar­) dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Memberi Anda rambut & kulit yang lebih baik. Antioksidan dan sifat antibakteri dari bawang putih dapat membersihkan kulit Anda serta dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Beberapa data menunjukkan dengan menggosok bawang putih mentah di atas jerawat maka dapat menghilangkannya. Namun, perlu diketahui bahwa itu dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit Anda.

5. Melindungi makanan Anda. Sifat-sifat antibakteri yang sama dalam bawang putih segar dapat membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan pada makanan, termasuk salmonella dan E.coli. Namun, jangan gunakan bawang putih sebagai pengganti sanitasi makanan.

6. Dapat merawat kaki. Bawang putih juga melawan jamur. Jika Anda jenis orang yang rutin melakukan aktifitas olahraga, maka tidak salah untuk merendam kaki Anda dengan air bawang putih atau gosokkan bawang putih mentah pada kaki Anda untuk menyerang jamur penyebab gatal.
  
Bawang putih mentah pada dasarnya akan memberikan manfaat paling banyak dalam tubuh kita. Tetapi jika Anda menjadikannya sebagai bumbu dalam masakan atau dengan kata lain memasaknya, jangan panaskan di atas 140 ° F. Suhu yang lebih tinggi dapat membunuh allicin, jadi bisa anda siasati dengan menambahkan bawang putih pada akhir proses memasak.

Hal yang perlu diperhatikan
Manfaat kesehatan bawang putih memang banyak, Namun jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya atau  menambah pada makanan Anda. Konsumsi bawang putih yang berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk sakit perut, kembung, diare, bau mulut dan bau badan.
Anda juga akan merasakan kulit yang menyengat jika melakukan aktifitas seperti mengupas bawang putih segar dan kering dalam jumlah besar. Untuk menghindari hal tersebut gunakan sarung tangan.

Terkadang untuk suplemen bawang putih dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, pusing dan reaksi alergi seperti serangan asma atau ruam kulit.
Jika Anda menggunakan pengencer darah, mengonsumsi suplemen bawang putih dapat meningkatkan efek obat, membuat darah Anda semakin sulit untuk menggumpal.


Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel