Postingan Terbaru

Sepeda Thrill

Dampak Berbohong

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam semuanya. Semoga selalu diberikan kesehatan. Amin

Pernahkan anda pernah berbohong?


Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa tidak ada yang salah dengan mengatakan sedikit kebohongan, tetapi sangat sedikit dari kita yang memikirkan dampak dari tindakan ini.

Bridget Thompson-Dunkley, penulis roman, membagikan lima dampak berbohong yang bisa merusak hubungan romantis kita dengan pasangan.

1. Berbohong menghancurkan kepercayaan

Setiap hubungan dibangun atas dasar saling percaya, apakah hubungan itu romantis atau tidak. Berbohong dengan cepat mengikis kepercayaan itu, melukai kedua belah pihak dalam proses itu. Apakah itu menyimpan rahasia atau berbohong sedikit, berbohong menghancurkan salah satu pilar mendasar dari hubungan yang sehat, yaitu kepercayaan. Apakah Anda ketahuan atau tiba-tiba memutuskan untuk berterus terang dan Anda mungkin berharap dimaafkan, faktanya adalah agar suatu hubungan dapat berjalan, kedua belah pihak harus dapat saling mempercayai. Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa kepercayaan selalu dapat diperoleh kembali, itu tidak sesederhana kedengarannya karena pasangan yang terluka akan memiliki begitu banyak hambatan mental sehingga mungkin sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan.

2. Sekali berbohong akan berbohong lagi

Kebohongan tidak hanya tumbuh tetapi mereka cenderung menjadi adiktif terutama jika Anda sudah pernah melakukan nya. Ada kecenderungan untuk ingin berbohong setiap kali Anda menemukan diri Anda dalam keadaan terjepit karena bagi Anda berbohong itu lebih mudah daripada mengatakan yang sebenarnya. Dan masalah muncul ketika Anda mengatakan kebohongan terlalu banyak karena kebohongan ini menjadi sulit untuk diatasi. Sederhananya, satu kebohongan sama dengan lebih banyak kebohongan dan tidak hanya itu, kebohongan tumbuh seiring waktu karena semakin sulit bagi Anda untuk menjaga cerita Anda tetap lurus.

3. Berbohong menyakitkan orang yang paling Anda sayangi

Ketika Anda berbohong, niat Anda adalah tidak ingin menyakiti siapa pun, tetapi sebaliknya, hal tersebut tidak akan membuat anda keluar dari situasi yang sulit. Tapi kebohongan memang menyakitkan. Dengan mengatakan kebohongan kepada orang yang dicintai, mereka akan merasa dikhianati olehmu dan perasaan pengkhianatan inilah yang dapat menyebabkan gangguan komunikasi, membuat mereka merasa lebih rentan dari sebelum sebelumnya. Cinta tidak menyakiti tetapi kebohongan akan sangat menyakitkan dan saat Anda mulai berbohong, maka bisa dikatakan itu bukan lagi tandanya cinta.

4. Kebohongan dapat berdampak pada aspek-aspek lain dari hidup Anda tanpa Anda menyadarinya

Banyak dari Anda mungkin percaya bahwa jika Anda berbohong dalam kehidupan pribadi Anda maka saat itu lah dampak lain dari kehidupan anda akan mulai terjadi meskipun sekecil apa pun kebohongan itu. Kebohongan dapat melampaui aspek lain dari hidup Anda tanpa Anda menyadarinya. Faktanya adalah, berbohong dan melarikan diri membuat Anda merasa tak terkalahkan sehingga Anda lebih cenderung ingin berbohong dan terus berbohong. Apakah kebohongan yang Anda katakan kepada pasangan Anda ada hubungannya dengan Anda yang berusaha menutupi masalah uang atau perselingkuhan Anda, jangan kaget bahwa pada saat itu Anda juga sudah mulai berbohong pada hal yang anda utarakan itu.

5. Berbohong memiliki konsekuensi serius

Banyak orang percaya bahwa ketika mereka berbohong, terutama pada kebohongan kecil, tidak ada dampak signifikan yang terjadi. Tapi bukan itu masalahnya. Berbohong hanyalah penutup sementara karena nanti anda akan melihat konsekuensi yang tidak terduga, beberapa di antaranya dapat mengubah hidup. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa ada beberapa tingkat kebohongan, kebenaran yang menyakitkan adalah bahwa yang Anda juga tersakiti dan menderita secara emosional.


Salam hormat,
Penulis

0 Response to "Dampak Berbohong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel