Sponsor

8 Cara Tidur yang Baik Selama Pandemi Global COVID-19


Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

Apa yang bisa Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak malam ini? Berikut adalah delapan tips dari Harris dan Dr. Young-Walker.



source: hellosehat.com

1. Batasi Konsumsi Media
Memang dengan membaca berita maka kita akan tahu apa yang terjadi saat ini diseluruh negara terkait Pandemi Covid-19 saat ini. Namun terlalu banyak mengonsumsi berita itu dapat meningkatkan kekhawatiran. “Kita harus mengetahui hal-hal yang dapat membantu kita untuk saat ini, seperti beberapa tindakan pencegahan universal dan mencuci tangan serta menjaga jarak atau social distancing. Namun jika kita terjebak dengan banyak nya berita tersebut hanya akan meningkatkan kecemasan dan mempersulit Anda untuk melakukan rutinitas sehari-hari, ”kata Young-Walker. Harris merekomendasikan bahwa membaca atau menonton berita sebaiknya hanya sekali sehari, dan idealnya di pagi hari atau sore hari selama 30 menit atau kurang.

2. Jeda Negativitas Kapan dan Di Mana Anda Bisa
Untuk mengatasi kecemasan Anda, singkirkan beberapa pengingat tentang apa yang sedang terjadi, kata Harris. Ini bisa berarti menonaktifkan sementara peringatan berita di ponsel Anda, menghindari media sosial, atau membungkam umpan orang yang membuat Anda lebih cemas. Tujuannya adalah "agar Anda tidak mendengar panik orang lain, yang kemudian dapat membuat Anda lebih tegang dan sulit tidur."

3. Pertahankan Waktu Tidur dan Bangun Biasa Anda
Anda mungkin baru bekerja dari rumah. Anak-anak Anda mungkin menghadiri kelas di ruang tamu Anda. Rutinitas Anda kemungkinan telah berubah sejak krisis nasional ini dimulai. Tapi Anda bisa masuk ke rutinitas baru dan tetap menggunakannya. Meskipun banyak aspek tentang apa yang terjadi di dunia saat ini di luar kendali Anda, akan tetapi dalam hal mempertahankan rutinitas sepenuhnya adalah dibawah kendali Anda. "Pergilah tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama dalam waktu tujuh hari seminggu," kata Harris. Perasaan normal (meskipun mungkin berbeda dari apa pun yang normal Anda dulu) dapat membantu saat ini yang terasa was was, menggelegar, dan stres. Dia mengatakan untuk mengatur alarm dan bangun seperti sebelum sebelumnya.

4. Carilah Cahaya Alami
Ketika Anda dikurung di rumah atau apartemen Anda, tetapi buatlah titik untuk mendapatkan sebanyak mungkin cahaya. "Bukalah semua penutup yang ada agar membantu cahaya masuk yang dapat mengatur siklus bangun dan tidur" Ini akan membantu Anda saat tidur di malam hari dan bangun di pagi hari bahkan sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Agustus 2019 di Somnologie, cahaya alami pada intensitas tinggi membantu orang tertidur lebih awal, tidur lebih lama dan mencatat tidur yang lebih berkualitas.

5. Mengadopsi Teknik Relaksasi
Untuk beberapa orang, membaca dengan tenang sebelum tidur, mendengarkan musik lembut, atau bermeditasi untuk menenangkan mungkin membantu, kata Young-Walker. Dia merekomendasikan aplikasi bernama Sanvello, yang ditawarkan secara gratis selama krisis COVID-19. Ini dirancang untuk membantu orang mengatasi stres, kecemasan dan depresi dengan menawarkan alat koping dan program yang dipandu seperti meditasi, penjurnalan dan pemikiran reframing.

6. Matikan Layar
Menurut studi Somnologie, cahaya buatan, terutama di malam hari, dapat menunda jam sirkadian (jam biologis tubuh) dan membuatnya sulit untuk tidur. Idealnya, waktu cut-off harus satu jam sebelum tidur, kata Harris.

7. Bergerak Lebih
Dengan penutupan gym dan pemesanan semua kebutuhan dari rumah, Anda mungkin tidak dapat mengikuti rutinitas olah raga yang biasa. Cobalah latihan di rumah sebagai gantinya atau berlari di luar jika Anda bisa. Menurut Mayo Clinic, olahraga membantu Anda melawan stres dengan memompa tubuh dengan endorfin yang baik dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur. "Jika Anda terlalu banyak duduk, Anda tidak akan tidur terlalu banyak di malam hari. Anda tidak perlu mengisi ulang baterai Anda karena Anda tidak banyak menggunakannya di siang hari, ”kata Harris. Hindari berolahraga menjelang waktu tidur karena stimulasi dapat membuat Anda sulit tidur, kata Young-Walker.

8. Gunakan Tempat Tidur Anda Hanya untuk Tidur
Itu berarti Anda tidak boleh menggunakan tempat tidur Anda sebagai ruang untuk melakukan pekerjaan atau menonton TV atau memicu kecemasan Anda. Jika Anda menemukan diri Anda dalam keadaan merenung ketika berbaring di tempat tidur yang mencoba untuk tidur, bangunlah dari tempat tidur."Jika Anda terus khawatir di tempat tidur, Anda akan mengajarkan tubuh Anda bahwa tempat tidur adalah tempat untuk khawatir," kata Harris. Jadi "Duduklah di tempat lain, dan semoga itu akan menghentikan rantai kekuatiran."


Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Tidur yang Baik Selama Pandemi Global COVID-19"

Iklan atas artikel

Sponsor

Sponsor

Iklan bawah artikel