Sponsor

Pulau Kundur dengan Sejuta Keindahan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi para blogger dunia semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dimudahkan rejekinya. Amin ya Allah..

Pulau Kundur adalah salah satu dari kumpulan pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Suku mayoritas yang mendiami pulau tersebut adalah suku melayu. Selain itu juga terdapat suku Tionghoa, Jawa & sedikit Padang. Disamping itu juga bahasa harian yang digunakan di pulau Kundur tersebut adalah bahasa Melayu yang mirip dengan Negeri jirannya yaitu Malaysia dan Singapore. Meskipun terdapat berbagai macam suku, namun kehidupan masyarakat disana sangat harmonis.
Suasana Perkampungan disana masih sangat asri, meskipun beberapa perkampungan sudah melalukan pembangunan baik rumah, ruko dan lain sebagainya. Jarak antara perkampungan satu terhadap lainnya tidak terlalu jauh namun antar kampung tersebut terlihat seperti dipisahkan oleh hutan, perkebunan karet, semak atau sedikit perumahan yang memiliki jarak yang lumayan luas.

Map Pulau Kundur

Adapun beberapa nama Perkampungan di Pulau Kundur itu antara lain Komplek (Prayun (i really miss this place), Dendang, Tiang Sabang, Singkep, Bangka), Bukit Senang, Selat Beliah, Bukit Asam, Kampung Baru, mata Air, Kundur, Kobel, Suili, Sawang, Tanjung Batu, Urung dan lain sebagainya.
Perjalanan dari ujung ke ujung (Pelabuhan Sei Kumbang di Prayun hingga ke Pelabuhan Tanjung Batu) bisa ditempuh kurang lebih 1.5 – 2 Jam dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil.
Suasana yang paling indah adalah pada bulan ramadhan dan syawal. Rasa kekeluargaan dari masyarakat disana sangat hangat dan membuat diri selalu rindu dengan masa masa itu.

Mata pencarian utama dari masyarakat disana adalah, Bertani, Nelayan, PNS, Wiraswasta & Karyawan. Pulau Kundur juga memiliki salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia yaitu PT. Tambang Timah TBK yang berkantor pusat di Bangka Belitung. Hasil tambang yang didapat dari perusahaan tersebut adalah Bijih Timah yang dilebur dan kemudian dijadikan balok balok timah (produk setengah jadi) lalu di kirim ke customer customernya baik didalam maupun diluar negeri.

Dalam hal hiburan televisi, channel utama pertama kali yang bisa diterima adalah channel dari Malaysia, Singapore dan TVRI Indonesia. Namun sekarang jika kita membeli antena model 3 or 5 jari kemungkinan sudah bisa menerima RCTI, SCTV dll.
Saat malam syawal tiba, Film P.Ramlee dan Lagu Seloka Raya menjadi penghibur di televisi malaysia tersebut, sehingga masyarakat Pulau Kundur tersebut sangat terbiasa dengan Film maupun Lagu dari negeri Jiran tersebut.
Sama seperti hiburan televisi, untuk jenis makanan ringan yang sering dijumpai di kedai kedai (pasar) jika ingin menjadikan sebagai oleh-oleh maka brand pertama yang dijumpai adalah dari Malaysia dan Singapore namun harga yang ditawarkan sangat bersahabat.
Chanel TV Malaysia

Beberapa pantai yang terkenal di Pulau Kundur antara lain Pantai Telok Salak, Pantai Gemuruh, Pantai Batu Kucing, Pantai Teluk Dalam, Pantai Mata Air, Pantai Sawang, Pantai Lubuk dll.


Pantai Sawang

Dari beberapa pantai tersebut, dalam 1 tahun sekali saat lebaran akan diadakan Pesta Pantai dan bisa dinikmati oleh Mayarakat maupun wisatawan di daerah Pulau Kundur tersebut seperti Pantai Teluk dalam dan Pantai Lubuk.
Dikarenakan jarak antara Pulau Kundur terhadap Negeri Jiran Malaysia dan Singapore yang tidak terlalu jauh seperti ke Jakarta, maka biaya transportasi ke Malaysia Maupun Singapore jauh lebih murah dibandingkan ke Jakarta (dibawah Rp400 ribu untuk rute PP).

Ferry Batam-Singapore

Masih banyak lagi keindahan dari Pulau Kundur ini yang belum terekspose, namun jika ada waktu silahkan datang untuk berkunjung ke Pulau yang satu ini.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Pulau Kundur dengan Sejuta Keindahan"

Iklan atas artikel

Sponsor

Sponsor

Iklan bawah artikel